May 20, 2024

8 Aplikasi Filter Foto Gratis Terbaru 2023

4 min read
Aplikasi Filter Foto Gratis
Aplikasi Filter Foto Gratis

Aplikasi Filter Foto Gratis, Menggunakan aplikasi filter foto gratis android bisa membantumu mengedit foto dengan mudah. Beberapa aplikasi bahkan bisa bersaing dengan editor foto dekstop seperti Snapseed. Kamupun bisa dengan mudah mengedit foto melalui ponsel. Meski begitu, semuanya tidak sehebat software editing PC seperti Gimp, Lightroom, atau Photoshop. Untuk mendapatkan hasil filter foto yang lebih serius, kamu masih tetap membutuhkan komputer.

Aplikasi Filter Foto Gratis Android

Aplikasi Filter Foto Gratis

Di sini kami akan merekomendasikan daftar aplikasi fiter foto gratis terbaik di tahun 2021 yang bisa kamu gunakan. Berikut daftarnya.

1. Adobe Photoshop Express Editor

Aplikasi Filter Foto Gratis

Meskipun Photoshop penggunaannya cukup rumit, produk saudaranya Adobe Photoshop Express mudah diakses dan digunakan. Ia penuh dengan fitur yang memungkinkanmu membuat gambar menarik. Kamu bisa menghapus mata merah, mengubah ukuran gambar, membuat koreksi warna, dan banyak lagi.

Ia berfungsi langsung dari browser atau aplikasi seluler. Mengedit foto sangat mudah dengan tools untuk menyeimbangkan warna, mengubah ukuran, memotong, mengubah pencahayaan, memutar, dan banyak lagi. Desain antarmuka aplikasi ini menarik namun ramah pengguna. Satu-satunya kekurangan aplikasi ini adalah ia dirancang dalam Flash dan bukan HTML5. Format gambar yang disediakan juga agak terbatas.

2. VSCO

Seperti Instagram, VSCO menggabungkan kamera, tools editing, dan komunitas online. Tetapi keunggulannya ada pada fitur filter-nya. Ia menyediakan serangkaian filter menakjubkan yang membuat foto terlihat seperti diambil dengan kamera film analog.

Filter yang soft tersebut menambahkan sentuhan berkelas pada foto. Kamu juga bisa menyesuaikannya melalui fitur slide sederhana. Jadi kamu hanya perlu swipe saja untuk mengkustomisasi filter, Tentu saja, aplikasi ini juga memiliki semua tools editing standar, seperti adjusment, cropping, border, dan sketsa.

Kamu juga bisa menggunakan VSCO untuk menyesuaikan eksposur, kontras, suhu, atau warna kulit. Setelah selesai mengedit foto, kamu bisa membagikannya dengan komunitas VSCO atau ke jejaring sosial lain seperti Instagram.

3. Snapseed

Snapseed Google merupakan aplikasi filter foto gratis android yang menyaingi editor foto desktop dengan sejumlah besar fitur dan antarmuka yang intuitif. Ia hadir dengan berbagai filter preset. Tetapi, tidak seperti kebanyakan aplikasi, kamu bisa mengedit filter yang ada dan bahkan membuatnya sendiri dari awal. Ia juga memiliki semua tools editing klasik, seperti crop, meluruskan, bingkai, teks, sketsa, dan lainnya. Fitur mempertajam-nya berfungsi tanpa membuat gambar terlihat kasar.

Snapseed memiliki penyembunyian presisi (precision masking). Fitur tersebut memungkinkanmu mengedit kedalaman bidang. Fotografer sering melakukan ini untuk membuat latar belakang blur dan menjadikan latar depan lebih fokus. Ada juga tools ” Selective Adjust”” yang memungkinkanmu memilih area tertentu dari foto dan menyesuaikan saturasi, kontras, dan kecerahan dari satu titik itu.

4. Prisma Photo Editor

Aplikasi filter foto gratis android ini menggunakan artificial neural networks yang memungkinkan pengguna membuat foto tampak seperti dilukis oleh Picasso, Munch, atau bahkan Salvador Dali. Kamu bisa membayar untuk mengakses filter tambahan, tetapi ada satu set filter yang disediakan secara gratis. Secara total, ada lebih dari 500 creative filter yang bisa kamu pilih.

Prisma juga memiliki komunitas online sendiri yang mirip dengan Instagram. Jadi, setelah selesai mengedit, kamu bisa membagikan gambar ke Prisma Feed. Kamu juga bisa menyimpannya langsung ke perangkat, membagikannya di aplikasi media sosial atau mengirimkannya melalui email atau perpesanan instan.

5. Adobe Photoshop Lightroom CC

Versi aplikasi dari perangkat lunak desktop populer Adobe Photoshop menyediakan akses ke tools pengeditan profesional saat bepergian. Ia bahkan bekerja dengan file RAW yang merupakan format gambar berkualitas tinggi yang populer di kalangan fotografer. Salah satu keunggulan aplikasi editor ini adalah ia menyajikan seperangkat tools penyesuaian berkualitas tinggi hanya dengan slide/swipe saja.

Kamu bisa dengan mudah menyesuaikan cahaya, detail, warna, distorsi, dan grain pada foto. Jika berlangganan Adobe Creative Cloud, kamu akan mendapatkan akses ke fitur tambahan. Itu termasuk pengeditan selektif dan Adobe Sensei. Bagi yang belum tahu, ia merupakan sistem AI yang memberi tag otomatis pada gambar berdasarkan kontennya, memungkinkan menemukan gambar yang ideal dengan cepat.

6. A Color Story

Aplikasi Filter Foto Gratis  Color Story adalah salah satu aplikasi filter foto gratis terbaik yang melebihi filter terintegrasi Instagram. Tujuannya adalah untuk meningkatkan bidikan dengan warna yang hidup. Filter yang dihadirkan meningkatkan kecerahan dan saturasi semua warna, termasuk putih. Secara keseluruhan, Color Story akan membuat foto terlihat lebih orisinal.

Ia menawarkan lebih dari 100 filter, termasuk 40 motion effect yakni lens flare, bokeh, light leakage, glow dan texture. Kamu bisa memindahkan, mengubah ukuran, memutar efek dan menyesuaikan transparansi. Selain itu, ada pilihan untuk membuat filter sendiri dan menyimpannya. Selain filter, Color Story menyediakan 20 tools tambahan, termasuk brush, kurva, slider untuk menyesuaikan bayangan, pencahayaan, dan lainnya.

7. Enlight Photofox

Aplikasi Filter Foto Gratis Enlight Photofox adalah aplikasi pengeditan foto artistik terbaik dan gratis. ia bahkan sempat memenangkan Apple Design Award pada tahun 2017. Salah satu fitur yang paling populer di aplikasi ini adalah kemampuan memadukan foto untuk menciptakan efek dramatis.

Kamu juga bisa menambahkan elemen grafis ke gambar. Ia memiliki banyak fitur yang sama seperti Photoshop, seperti layers, learning curve. Karena itu, untuk mendapatkan hasil maksimal dari Enlight Photofox, kamu mungkin perlu menonton video tutorialnya. Kelemahannya adalah di versi gratisnya, kamu hanya bisa menggunakan dua layer saja. Jadi, kamu harus berlangganan versi pro ($2,74 per bulan atau pembelian satu kali $64,99) jika ingin mendapatkan fitur yang lebih.

8. Instagram

Aplikasi Filter Foto Gratis Jika memoret, sebagian besar orang memilih untuk membagikannya di Instagram. Situs tersebut adalah jejaring sosial terbesar ketiga di dunia setelah Facebook dan YouTube. Instagram memiliki semua tools editing foto dasar yang mungkin kamu butuhkan, termasuk filter, efek, teks, stiker, overlay, dan banyak lagi.

Tetapi, aplikasi ini juga menyediakan tools lain untuk membantumu menarik followers lebih banyak. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan Instagram Insights untuk memahami bagaimana audiens terlibat dengan postinganmu (egangement). Kamu juga bisamenggunakan Instagram Stories atau Instagram Live untuk terhubung dengan followers dengan cara yang lebih interaktif.

Penutup

Nah, itulah sejumlah aplikasi filter foto gratis Android yang bisa kamu gunakan. Baca juga rekomendasi kami lainnya seperti daftar aplikasi Edit Video terbaik untuk android.