July 23, 2024

Yuk ! Cek 7 Cara Merakit PC Gaming Yang Terbaik

5 min read
Cara Merakit PC Gaming 2

Cara Merakit PC Gaming

Cara Merakit PC GamingPada era teknologi seperti sekarang ini, PC atau personal komputer tidak hanya digunakan untuk bekerja, namun juga biasa dipakai untuk kebutuhan bermain game. Apalagi saat ini banyak game memerlukan spesifikasi yang tinggi. Pasti banyak di antara kamu yang ingin merakit PC gaming sendiri sesuai kebutuhan maupun menyesuaikan budget. Namun tidak sedikit yang belum paham benar dengan PC dan tidak mengerti komponen-komponennya, sehingga masih kebingungan bagaimana cara merakit PC gaming dengan spesifikasi yang mumpuni dan pastinya memenuhi kebutuhan untuk bermain game. Bagi seorang pemula, tentu akan bertanya-tanya bagaimana sih cara merakit PC gaming yang benar? Nah, bagi kamu yang sedang berencana merakit PC untuk game, berikut ini cara-cara merakit PC gaming untuk pemula.

Cara Merakit PC Gaming Prosesor

Cara Merakit PC Gaming

Cara Merakit PC Gaming Memasang prosesor adalah langkah penting dalam membangun sebuah komputer. Pertama-tama, pastikan motherboard sudah terpasang dengan benar di dalam casing komputer. Kemudian, buka tutup pelindung socket prosesor di motherboard. Selanjutnya, letakkan prosesor dengan hati-hati pada socket, pastikan posisinya sesuai dengan tanda yang ada. Setelah itu, tekan prosesor ke bawah dengan lembut dan kunci socket dengan menekan klip yang ada di sisi socket. Terakhir, pasang heatsink atau kipas pendingin pada prosesor untuk mencegah prosesor menjadi terlalu panas.

Memasang RAM

Cara Merakit PC Gaming Memasang RAM adalah salah satu langkah penting dalam membangun sebuah komputer. Pertama-tama, pastikan motherboard sudah terpasang dengan benar di dalam casing komputer. Kemudian, cari slot RAM yang kosong pada motherboard. Tarik klip putih yang ada pada slot RAM hingga posisinya terbuka. Selanjutnya, letakkan RAM dengan lembut pada slot RAM dengan arah yang benar dan dorong RAM dengan kuat hingga kedengaran bunyi klik. Pastikan RAM sudah terpasang dengan benar dengan memeriksa klip putih yang kembali ke posisi tertutup. Terakhir, nyalakan komputer untuk memastikan RAM terdeteksi dan berfungsi dengan baik.

Memasang Power Supply

Cara Merakit PC Gaming

Cara Merakit PC Gaming Memasang Power Supply (PSU) adalah salah satu tahap terakhir dalam membangun sebuah komputer. Pertama-tama, pastikan motherboard dan casing sudah dipasang dengan benar. Kemudian, letakkan PSU di dalam casing komputer pada bagian bawah atau atas, tergantung pada desain casing. Pasang sekrup untuk menahan PSU agar tidak bergerak saat digunakan. Selanjutnya, pasang kabel-kabel PSU ke motherboard dan komponen lainnya seperti hard drive dan kipas pendingin. Pastikan kabel-kabel terpasang dengan benar pada konektor yang tepat. Terakhir, pasang tutup casing komputer dan nyalakan komputer untuk memastikan PSU berfungsi dengan baik.

Memasang Motherboard ke Casing

Cara Merakit PC Gaming Memasang motherboard ke casing adalah salah satu langkah penting dalam membangun sebuah komputer. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk memasang motherboard ke casing dengan benar:

– Pertama-tama, pastikan bahwa casing komputer telah dibersihkan dari debu dan kotoran. Pastikan juga bahwa Anda sudah menyiapkan segala hal yang diperlukan, seperti obeng dan sekrup.
– Letakkan casing komputer pada permukaan datar yang bersih dan rata. Kemudian, letakkan motherboard di atas
– casing dan cocokkan lubang pada motherboard dengan lubang pada casing.
– Selanjutnya, pasang standoff (pengangkat) ke dalam lubang pada casing di tempat yang sesuai dengan lubang pada motherboard. Standoff berfungsi untuk menjaga jarak antara motherboard dan casing sehingga terhindar dari
– kontak langsung yang dapat merusak motherboard.

– Tempatkan motherboard ke dalam casing dan perhatikan agar lubang pada motherboard cocok dengan standoff yang sudah terpasang di casing.
– Setelah itu, kencangkan sekrup ke lubang pada motherboard dengan hati-hati. Pastikan bahwa motherboard terpasang dengan kokoh dan tidak bergoyang saat dipegang.
– Selanjutnya, hubungkan kabel-kabel dari tombol power, reset, dan LED ke header yang sesuai pada motherboard.
– Pastikan bahwa kabel-kabel terpasang dengan benar pada header yang tepat.
– Terakhir, pasang heatsink atau kipas pendingin pada prosesor dan pasang juga kabel-kabel power pada
– motherboard, seperti kabel 24-pin ATX dan kabel 4-pin atau 8-pin EPS. Pastikan semua kabel terpasang dengan benar dan kuat.

Setelah memasang motherboard ke casing, Anda dapat melanjutkan tahap selanjutnya dalam membangun sebuah komputer. Pastikan bahwa semua komponen terpasang dengan benar agar komputer dapat berfungsi dengan baik.

Memasang HDD atau SSD

Cara Merakit PC Gaming Memasang HDD atau SSD adalah langkah penting dalam membangun sebuah komputer. Pertama-tama, pastikan casing komputer sudah terbuka dan motherboard sudah terpasang dengan benar di dalamnya. Kemudian, cari tempat pada casing komputer yang telah disediakan untuk HDD atau SSD, biasanya terletak di bagian bawah atau dekat dengan bayi optik. Selanjutnya, letakkan HDD atau SSD pada tempat yang sesuai dan kencangkan sekrup untuk menahan HDD atau SSD pada posisinya. Setelah itu, pasang kabel SATA dari HDD atau SSD ke motherboard dan pasang juga kabel power yang sesuai dari power supply ke HDD atau SSD. Pastikan semua kabel terpasang dengan benar dan kuat. Terakhir, nyalakan komputer dan pastikan HDD atau SSD terdeteksi dengan baik.

Memasang Card Adapter

Cara Merakit PC Gaming Memasang card adapter pada komputer dapat meningkatkan fungsionalitas perangkat keras. Pertama-tama, pastikan komputer sudah mati dan tidak terhubung dengan sumber daya apapun. Kemudian, cari slot yang tersedia pada motherboard untuk card adapter yang akan dipasang. Lalu, pasang card adapter pada slot yang tepat dengan hati-hati dan kencangkan sekrup pada bagian belakang casing komputer untuk menahan card adapter pada posisinya. Setelah itu, nyalakan komputer dan pastikan card adapter terdeteksi dengan baik oleh sistem operasi. Jika tidak terdeteksi, pastikan bahwa driver card adapter telah diinstal dengan benar pada sistem operasi yang digunakan.

Rapihkan Semuanya

Jika semua komponen telah dipastikan terpasang, bagian terakhir adalah merapikan setiap komponen yang ada. Mulai dari manajemen kabel dan aksesoris tambahan lainnya seperti misalnya Fan (Kipas) dan lampu RGB.

Pastikan juga setiap soket dan kabel sudah terpasang dengan baik agar aliran daya dari power supply dapat mengalir ke seluruh komponen.

Setelah PC selesai dirakit, kamu harus melakukan pemeriksaan dan pengetesan dengan program BIOS, caranya yaitu sebagai berikut:

Nyalakan PC dan monitor, lihat layar monitor dan juga dengarkan suara dari speaker.
Bila menyala sempurna maka Bios akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yang sudah dipasang pada komputer.
Lakukan beberapa pengaturan untuk nilai dari kapasitas hardisk dan boot sequence. Ini bertujuan untuk memasang sistem operasi untuk pertama kali.
Jika sudah lalu simpan hasil pengaturan dan keluar dari setup BIOS, setelah itu PC akan me-restart dan melakukan pencarian boot sesuai dengan pengaturan boot sequence pada Bios.
Masukkan CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian lalu ikuti setiap langkah agar sistem operasi dapat terpasang dengan baik.

Akhir kata

Nah tiulah beberapa Cara Merakit PC Gaming yang dapat mimin bagikan kepada sobat di rumah. mudah bukan sob Cara Merakit PC Gaming tapi Mimin ingatkan jika masih ragu merakit ssendiri ada baiknya pergi ke orang yang sudah mahirnya sob. Nah sampai di sini dulunya sob pembahasan kita kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat mencoba 🙂